by

Unhas Mengadakan Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Non PNS

TANIDATA.COM – Sebanyak 343 peserta mengikuti seleksi penerimaan calon dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diselenggarakan oleh bagian kepegawaian Universitas Hasanuddin. Kegiatan berlangsung mulai pukul 09.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Baruga A.P Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Rabu (23/03).

Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT., menjelaskan proses penerimaan calon dosen tetap Non PNS di lingkungan Unhas bertujuan untuk menyelaraskan antara tujuan dan target Unhas dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Dalam proses seleksi kali ini, panitia menerima 506 berkas lamaran. Sebanyak 428 yang memenuhi syarat administrasi. Akan tetapi, hanya 343 peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sesuai kuota, jumlah kuota penerimaan untuk seleksi kali ini adalah 56 orang.

“Semua kampus PTN-BH sudah tidak memperoleh jatah dosen PNS. Setiap tahun Unhas melakukan upaya pengembangan, misalnya pembukaan program studi baru. Tentu ini perlu ditunjang dengan ketersedian tenaga pengajar yang berperan penting dalam pengelolaan kampus,” jelas Prof. Nasaruddin.

Lebih lanjut, Prof. Nasaruddin menambahkan seluruh fakultas di Unhas membuka formasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pada masing-masing prodi. Sebelumnya telah dibuat rasio untuk mengetahui kesesuaian antara tenaga pengajar dengan jumlah mahasiswa.

Para peserta yang nantinya lolos akan langsung memperoleh golongan jabatan sama seperti dosen PNS. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor 53 Tahun 2015 tentang Statuta Unhas yang menyebutkan non PNS Unhas setara dengan PNS. Sehingga memiliki hak dan tanggung jawab yang sama. Rencananya, proses pengangkatan akan terlaksana pada 1 April mendatang.

“Jumlah pendaftar sangat banyak, bukan hanya dari Unhas namun juga dari luar. Rencananya, akan kembali dibuka untuk semester berikutnya dengan menyesuaikan anggaran. Unhas membutuhkan SDM dengan pertimbangan lima tahun kedepan akan banyak dosen yang pensiun. Tentu dibutuhkan persiapan sejak awal untuk mengisi kekosongan di masa mendatang,” tambah Prof. Nasaruddin.

Sesuai jadwal, hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diumumkan esok hari, Kamis (24/03). Setelah SKD, akan dilanjutkan dengan tahapan seleksi lainnya. Pengumuman hasil seluruh rangkaian proses seleksi dijadwalkan pada Rabu (30/03) mendatang. (*/mir)

Makassar, 23 Maret 2022

Kepala Subdit Humas dan Informasi Publik
Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin

Ishaq Rahman, AMIPR

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed